Usaha Ayam Potong dan Kendala Utamanya - Bisnis Cari Uang Banyak

Usaha Ayam Potong dan Kendala Utamanya

Informasi mengenai usaha ayam potong dan kendala utamanya banyak dicari oleh orang yang ingin terjun ke bisnis ini. Usaha ayam potong memang usaha yang sangat potensial, mengingat daging ayam merupakan daging yang paling besar permintaannya di Indonesia. Selain potensial, usaha ayam potong juga tentunya memiliki kendala.

Kendala utama usaha ayam potong ini biasanya adalah adanya penyakit seperti flu burung. Jika sudah terkena penyakit, ayam potong bisa mengalami kematian dan dapat menularkan pada ayam lainnya. Tentu saja ini sangat merugikan bagi pelaku bisnis ayam potong. Kendala lainnya yang juga kerap dihadapi pelaku bisnis adalah naiknya harga pakan ayam. Naiknya harga tentu akan membuat pengusaha menaikkan harga daging ayam.

Naiknya harga daging biasanya akan menyebabkan menurunnya daya beli masyarakat. Oleh karena itu, sebelum memulai usaha yang rawan ini diharuskan memiliki ilmu yang memadai. Ingat bisnis yang satu ini adalah bisnis yang sangat rawan bangkrut. Hal ini karena ayam potong merupakan salah satu jenis hewan yang sangat rawan terhadap kematian.
Selain faktor dari jenis ayam potong yang memang rentan dengan kematian, faktor lain yang tak kalah penting untuk diantisipasi adalah faktor lingkungan. Terutama saat memulai pembudidayaan ayam potong. Ketika saat memulai, saat itu ayam potong masih kecil dan masih sangat rentan dengan cuaca. Oleh karena itu harus sangat diperhatikan mulai dari

Pengkondisian ayam yang masih kecil itu agar nyaman dan hangat hingga keselamatan ayam-ayam kecil itu lebih terjaga. Dalam menjalani usaha ayam potong, kendala utamanya adalah masalah kerentanan kematian dan harga, baik itu harga saat beli dan harga saat jual. Mengenai pangsa pasar, sunggu masih terbuka luas. Oleh karena itu setiap peternak sebaiknya mengetahui ilmu yang cukup tentang ilmu peternakan ayam secara memadai sebelum memulai.

Usaha peternakan ayam potong merupakan salah satu usaha yang membutuhkan modal besar. Oleh karena itu sebaiknya usaha ini tidak dipandang sepele dalam penanganannya. Harus serius dan dilakukan dengan hati. Besarnya modal yang dikucurkan untuk melakukan bisnis ini membuat peternak mau tidak mau harus benar-benar serius menjalani bisnis ini. Sangat tidak tepat jika bisnis dan usaha ayam potong ini dijadikan bisnis sampingan. Bisnis ini akan tepat jika dijadikan bisnis utama. Ingat sekali lagi, sebagai bisnis utama, bukan bisnis sampingan. Bisnis peternakan ayam potong ini terdapat dua pilihan dalam menentukan jenis kandang.

Kandang jenis pertama adalah kandang berlantai tanah dan kandang yang ke-kedua adalah kandang berlantai galar bambu atau kayu. Masing-masing jenis kandang memiki keunggulan dan kekurangan. Untuk kandang jenis pertama keunggulannya adalah dapat menghemat biaya pembuatan kandang karena tidak dibutuhkan banyak kayu atau bambu untuk pembuatan kandang ayam hingga siap pakai. Tapi kandang jenis ini memiliki kelemahan yaitu kondisi kandang akan cepat lembab jika tidak banyak ditaburi sekam padi secara berangsur.

Untuk jenis kandang yang menggunakan galar bambu atau kayu memiliki keunggulan yaitu kandang relatif kering, sehingga kesehatan ayam lebih terjaga. Kelemahannya yaitu dibutuhkan modal yang lebih besar untuk membuat kandang ayam jenis ini. Hal ini dikarenakan dibutuhkan banyak kayu atau bambu untuk dijadikan alas pijakan kaki ayam peliharaan.

Saat ini telah banyak buku referensi tentang usaha ayam potong dan kendala utamanya, namun yang harus diperhatikan adalah bahwa tidak semua buku tentang tata cara memelihara ayam potong tersebut ditulis oleh pakar peternakan ayam. Oleh karena itu sebaiknya Anda semua berhati-hati dalam memilih buku referensi tentang usaha ayam potong dan kendala utamanya, mengingat bisnis peternakan ayam potong memiliki tingkat resiko yang sangat tinggi, tetapi di sisi lain juga menawarkan potensi keuntungan yang sangat tinggi pula.

0 Response to "Usaha Ayam Potong dan Kendala Utamanya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel