Usaha Budidaya Rumput Gajah untuk Pakan Ternak - Bisnis Cari Uang Banyak

Usaha Budidaya Rumput Gajah untuk Pakan Ternak

Rumput gajah merupakan golongan jenis rumput yang memiliki nilai jual tinggi. Jika biasanya rumput dianggap sebagai gulma atau tumbuhan pengganggu, maka berbeda dengan spesies ini. Usaha budidaya rumput gajah untuk pakan ternak dapat membuat Anda menjadi seseorang yang kaya.

Rumput ini memiliki ukuran yang cukup besar dan termasuk ke dalam pakan dengan kandungan gizi yang tinggi untuk hewan ternak. Mulai dari sapi, kambing, atau domba merupakan hewan ternak yang menyukai rumput jenis ini. Permintaan pasar terhadap rumput jenis ini juga selalu tinggi, sesuai dengan jumlah ternak yang dimiliki oleh masyarakat. Untuk memulai usaha ini, maka Anda memerlukan lahan yang cukup luas agar hasil panen juga melimpah. Jika tidak memungkinkan, maka pekarangan rumah dapat menjadi awal usaha yang baik. Anda cukup membeli beberapa potong bibit rumput gajah untuk memulai bisnis ini.

Hampir semua hewan ternak seperti kambing, sapi, dan domba menyukai rumput yang satu ini. Oleh karena itu tidak perlu merasa khawatir dalam pemasarannya. Bahkan tetangga Anda yang memiliki hewan ternak pun bisa Anda tawarkan rumput gajah ini. Budidaya rumput gajah sangat cocok dilakukan di pedesaan dikarenakan di pedesaan biasanya masih banyak tersedia lahan kosong dan banyak pelaku bisnis peternakan. Bahkan di musim kemarau pun, rumput gajah masih mampu bertahan meskipun tidak tumbuh secara maksimal.

Syaratnya adalah cukup air ketika saat awal penanaman. Oleh karena itu sebaiknya menanam rumput gajah pada musim penghujan. Hal ini karena untuk menjamin rumput gajah cukup air untuk tumbuh akar hingga bisa bertahan hidup.
Rumput gajah bisa hidup di berbagai jenis tanah, baik itu tanah merah, tanah hitam, ataupun tanah berpasir. Namun begitu, tanah yang subur dan cukup air adalah yang paling direkomendasikan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Rumput gajah adalah salah satu spesies rumput terbesar yang ada di dunia ini. Kandungan air yang banyak yang terdapat dibatangnya menjadikan efek rasa kenyang pada hewan ternak. Bila dirawat secara benar, maka rumput gajah ini bisa setinggi jagung yang telah siap berpanen.



 Usaha budidaya rumput gajah untuk pakan ternak menjadi alternatif bagi para pemilik lahan yang menganggur dikarenakan rumput gajah ini mudah bertahan hidup serta tidak dibutuhkan perawatan khusus, dan yang lebih menguntungkan lagi adalah bahwa rumput gajah bisa ditanam dengan cara tumpang sari di kebun-kebun seperti kebun mangga, kebun nangka, dan lain sebagainya. Oleh karena itu sungguh sayang kalau Anda sampai melewatkan peluang ini.

0 Response to "Usaha Budidaya Rumput Gajah untuk Pakan Ternak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel